Program Studi S1 Statistika FST Univeritas Terbuka Lakukan Benchmarking ke Program Studi S1 Statistika FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM)

Program Studi Statistika S1 FST UT melakukan kegiatan benchmarking pada tanggal 29 November 2023 ke Program studi S1 Statistika Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan agenda antara lain menjalin kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), sharing pengalaman pengelolaan Program Studi Statistika, strategi menjadi akreditasi unggul, dan strategi memperoleh capaian luaran Tri Dharma PT.

Perwakilan FST UT dalam kegiatan benchmark ini dihadiri oleh Dr. Dewi Juliah Ratnaningsih, S.Si., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran dan Kerja Sama FST, Siti Hadijah Hasanah, S.Si., M.Si, Ketua Program Studi Statistika, dan dosen Program Studi Statistika  Dr. Harmi Sugiarti, M.Si., dan Sigit Supriyadi, S.Si., M.Si. Sedangkan perwakilan UNM dihadiri oleh Dr. Aswi Dassa, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA, Prof Hartati, Wakil Dekan Bidang administrasi dan keuangan FMIPA, Dr. Khaeruddin Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FMIPA, Dr. Ruliana Kaprodi Statistika FMIPA UNM dan beberapa dosen Program Studi S1 Statistika UNM yaitu Aswi, Ph.D., Zulkifli Rais, M.Si., Anshari Saleh Ahmar, Ph.D., Zakiyah Mar’ah M.Si., Hardiyanti Hafid, M.Si.

Strategi S1 Statistika UNM mendapatkan akreditasi unggul tidak lepas dari dukungan penuh Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Universitas yang telah memfasilitasi pembimbingan akreditasi/Bimtek, setelah menjalankan Bimtek, peserta Bimtek akan melakukan simulasi akreditasi yang bertujuan untuk memberi kemudahan dan kelancaran saat benar-benar dilakukan kegiatan visitasi akreditasi sehingga diharapkan mendapatkan hasil akreditasi yang sangat memuaskan/unggul.

Selain itu menurut Statistika S1 UNM Hal- hal penting yang wajib dilakukan oleh program studi yang akan diakreditasi yaitu melakukan evaluasi dan pemutakhiran kurikulum yang sesuai dengan capaian pembelajaran dan profil lulusan. Dalam segi pembelajaran, UNM telah menerapkan sistem pendekatan Project Base Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL) selain itu diharapkan terdapat materi tambahan yang merupakan hasil penelitan para dosen, baik dalam penelitian mandiri dosen maupun hasil kolaborasi dengan dosen lain atau mahasiswa.

Beberapa hal yang patut diperhatikan pula antara lain dokumen lengkap rencana pembelajaran yang berupa modul/handbook ditambah dengan kontrak pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa. Selain itu prestasi mahasiswa baik akademik maupun non akademik, IPK mahasiswa 3 tahun terakhir, dan tracer study patut juga menjadi perhatian program studi yang akan melakukan akreditasi. (SS/SHH)