Pada hari Rabu tanggal 9 Juni 2021 diadakan kegiatan Webinar Prodi Teknologi Pangan UT yang mengusung tema “Inovasi Teknologi Pangan Fungsional Berbasis Komoditas Lokal”. Acara diadakan dari pukul 10.00 sampai 12.00 melalui Ms Teams dengan peserta sebanyak 300. Kegiatan ini diisi oleh dua pembicara inti. Sesi pertama diisi oleh Bapak Dr. Frendy Ahmad Affandi dari Kemenko Perekonomian dan Bapak Dr. Welli Yuliatmoko dari Prodi Teknologi Pangan UT.

Pada sesi 1 Bapak Frendy memaparkan tentang materi “Pengembangan Pangan Fungsional Berbasis Kearifan Lokal dari Laboratorium ke Industri”. Bapak Frendy menekankan tentang pentingnya inovasi pangan fungsional yang tidak hanya berhenti di skala lab, namun harus diusahakan juga sampai komersialisasi. Begitu banyak kekayaan lokal Indonesia yang berpotensi sebagai pangan fungsional, hendaknya bisa naik kelas sampai tahap industrialisasi dengan ilmu teknologi pangan saat ini.

Pada sesi 2 Bapak Welli membahas tentang peran pati resisten dari komoditas lokal untuk kesehatan. Pati resisten dapat menjadi pangan fungsional karena salah satu manfaatnya dalam menghambat sintesis kolesterol. Salah satu pati resisten yang dapat digunakan adalah pati resisten dari empulur batang pisang yang dapat digunakan sebagai anti dislipidemia.

Acara webinar berjalan interaktif dengan banyaknya perhatian peserta yang memberikan pertanyaan selama jalannya acara. Banyak ilmu yang diberikan oleh narasumber sangat bermanfaat untuk peserta, khususnya untuk dunia teknologi pangan.