Adanya pandemi covid 19 yang mengharuskan pembatasan kegiatan berkumpul tentunya memiliki dampak dalam pembelajaran di Prodi Teknologi Pangan Universitas Terbuka, salah satunya dalam kegiatan praktikum. Bila selama ini praktikum mengharuskan mahasiswa untuk datang ke laboratorium, maka masa pandemi ini tentunya cukup sulit untuk dilaksanakan.

Untuk mengatasi masalah ini, Program Studi Pangan meluncurkan inovasi baru yaitu praktikum secara tutorial web.  Konsep dasar praktikum ini yaitu mahasiswa dapat melakukan praktikum di tempatnya masing-masing tanpa harus datang ke laboratorium. Praktikum ini dilakukan secara virtual dengan langsung dibimbing oleh instruktur praktikum. Terdapat 3 mata kuliah praktikum yang ditutorialkan yaitu Mata kuliah Praktikum Teknologi pangan, Praktikum Prinsip Teknik Pangan, dan Praktikum Evaluasi sensori.

Sebelum memulai praktikum tuweb mahasiswa akan menyiapkan bahan praktikum terlebih dahulu serta mempelajari video tutorial di kanal youtube prodi Teknologi Pangan. Sebagai contoh di salah satu satuan acara praktikum, mahasiswa melakukan pembuatan  produk olahan pangan seperti donat dan sari kedelai. Mahasiswa secara bersama-sama membuat kedua produk tersebut di tempat mereka masing-masing. Instruktur praktikum kemudian akan mengamati proses pembuatan tersebut dan memberikan arahan melalui media microsoft teams. Mahasiswa dapat berdiskusi dan membahas pengamatan yang dilakukan dalam praktikum tersebut

Praktikum ini diikuti lebih dari 50 mahasiswa yang dibagi menjadi 4 kelas praktikum tuweb. Mahasiswa yang mengikuti praktikum ini terdiri dari beberapa UPBJJ seperti dari Batam, Lampung, Palu, Bogor, Jakarta, Bandung, dan lainnya hingga layanan luar negeri Sydney. Dari respon salah satu mahasiswa, ini kali pertama mengikuti praktikum tuweb seperti ini dan bisa menjadi solusi agar mereka tetap bisa praktikum di kala masa pandemi. Tantangan yang dihadapi ketika praktikum ini yaitu kendala jaringan juga kerap dialami terutama bila di daerah yang susah jaringan, namun tetap tidak menyurutkan mahasiswa untuk tetap mengikuti kegiatan praktikum hingga akhir.