Visi Program Studi
“Menjadi Perencanaan Wilayah dan Kota yang berkualitas dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh dengan penguatan keilmuan pada pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan..”
Misi Program Studi
- Menyediakan akses pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang berkualitas dalam bidang perencanaan wilayah dan kota yang berwawasan lingkungan bagi semua lapisan masyarakat.
- Meningkatkan kemampuan perencana dan pelaksana pembangunan di daerah.
- Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan.
- Mengkaji, mengembangkan, dan memanfaatkan hasil kajian bidang perencanaan wilayah dan kota yang berwawasan lingkungan untuk proses pembelajaran.
- Mendiseminasikan hasil kajian perencanaan wilayah dan kota yang berwawasan lingkungan dalam mencerdaskan masyarakat.
Tujuan Program Studi
-
Menghasilkan lulusan program studi perencanaan wilayah dan kota yang memiliki pola pikir dan wawasan rasional yang komprehensif, kemampuan berpikir strategis dan analitis untuk mendapatkan alternatif terbaik, dengan penguatan di bidang sumber daya alam dan lingkungan untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Setelah menyelesaikan program S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, lulusan mampu mangkaji permasalahan wilayah dan kota menggunakan pendekatan fisik dan lingkungan, ekonomi, sosial kependudukan, infrastuktur, dan kelembagaan dengan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta memiliki pola pikir dan wawasan rasio yang komprehensif, kemampuan berpikir strategis dan analitis, untuk mendapatkan alternatif terbaik, dengan penguatan di bidang sumber daya alam dan lingkungan untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Capaian Pembelajaran
-
Kurikulum Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota dirancang agar dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu kurang lebih delapan semester. Kurikulum tersebut dibuat dalam bentuk paket arahan semester. Capaian pembelajaran S1 Perencanaan Wilayah dan Kota selain Sikap dan Tata nilai Serta Keterampilan Umum yang sesuai dengan Permendikbud tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, juga meliputi Keterampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuan adalah sebagai berikut.
Keterampilan Khusus
- Kemampuan mengaplikasikan ilmu perencanaan wilayah dan kota dalam proses dan praktik perencanaan dengan pendekatan rasional komprehensif.
- Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses dan praktik perencanaan wilayah dan kota.
- Kemampuan menganalisis berdasarkan penalaran ilmiah dibidang perencanaan wilayah dan kota.
- Kemampuan memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan wilayah dan kota.
- Kemampuan menyajikan alternatif solusi dalam memecahkan masalah perencanaan fisik dan tata ruang terkait perencanaan wilayah dan kota secara berkelanjutan melalui penerapan prinsip, teori, metode, dan teknologi yang relevan sebagai dasar pengambilan keputusan yang
- Kemampuan mengaplikasikan keilmuan perencanaan fisik dan tata ruang dalam lingkup wilayah dan kota yang bermanfaat bagi masyarakat.
Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan konsep teoritis dan prosedur perencanaan wilayah dan kota.
- Menerapkani konsep teoritis dan konsep perencanaan wilayah dan kota dengan mempertimbangkan keseimbangan aspek fisik dan lingkungan, ekonomi, sosial kependudukan, infrastuktur, dan kelembagaan.
- Menerapkan metode dan teknik perencanaan untuk memahami karakteristik wilayah dan kota serta merumuskan solusinya.
Great work needs an inspiring environment to thrive. Check out our office
Donec pede justo, fringilla vel, aliquet nec, vulputate eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum feliis pretium. Integer tincidunt.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
Gedung Fakultas 2
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe,
Pamulang, Tangerang Selatan, 15418
Fax: 021 – 7434691
Telp: 021 – 7490941 ext. 1801, 1817, 1820
Email: fst@ecampus.ut.ac.id
Agenda
M | T | W | T | F | S | S |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 |
15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 |
22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 |
29 | 30 | 31 |