Dalam rangka menambah khazanah pengetahuan dan keilmuan para dosen dan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Terbuka (UT), pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2019, Program Studi Matematika FST UT menyelenggarakan Seminar Pakar di Auditorium FST UT. Seminar dibuka oleh Dekan FST UT, Dr. Agus Santoso, M.Si. Materi seminar berjudul “Limit Fungsi dan Cara Pengajarannya” disampaikan oleh Prof. Dr. Supama. Beliau merupakan salah satu Guru Besar pada Departemen Matematika FMIPA Universitas Gajah Mada bidang analisis matematika.


Prof. Supama menjelaskan bahwa limit merupakan topik kunci bidang analisis matematika. Peserta didik/mahasiswa sering kurang memahami konsep limit, bahkan sebagian pengajar/dosen menggangap sulit mengajarkan materi ini. Dalam paparannya, Prof. Supama bercerita mengenai asal mula munculnya konsep limit dan beberapa penerapannya dalam kehidupan. Beliau juga menjelaskan beberapa kesalahan konsep yang sering ditemui pada pekerjaan mahasiswa dalam menghitung limit dan bagaimana cara meluruskan konsep tersebut.
Pada sesi tanya jawab, Prof. Supama memberikan tips kepada peserta seminar, bagaimana mengajarkan limit kepada mahasiswa agar mahasiswa tidak antipati terhadap materi tersebut. Selain itu, beliau juga memberikan keterangan terhadap setiap detail langkah-langkah perhitungan limit. Tidak hanya tentang bagaimana cara mengajarkan limit, beliau juga memberikan gambaran tentang ide penelitian yang didalamnya dapat dikaitkan dengan penggunaan limit.